MeENCEGAH VIRUS DATANG DENGAN MEMATIKAN AUTORUN

matikaautoplayAnda tahu autorun ? autorun adalah fasilitas yang digunakan windows untuk membuka atau menjalankan serangkaian program yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga ketika suatu device dihubungkan ke komputer maka akan mengeksekusi perintah tersebut. (dikutip dari : sini).

Nah, jadi kalau kita masukin device (flashdisk atau CD), maka windows akan mendetect file didalam device tersebut, misalnya didalam device tersebut terdapat file yang namanya autorun.inf maka windows pun akan menjalankannya tanpa konfirmasi ke kita.

Nah, permasalahannya : Terkadang file autorun itu berisi script untuk menjalankan program virus. Jadi virus akan aktif tanpa kita sadari, dan menginfeksi komputer kita.

Untuk itu langkah kita sebagai pemilik komputer untuk mencegah datangnya virus ke komputer kita adalah dengan mematikan (nonaktifkan) fasilitas autorunnya windows. ada pepatah yang bilang :

“mencegah lebih baik dari pada mengobati”

Sekarang, bagaimana cara menonaktifkan fasilitas tersebut ? Berikut ini saya jelaskan langkah-langkahnya.

1. Dari menu start pilih run, ketik gpedit.msc lalu enter.

2. Pada jendela yang tampil, pilih Computer Configuration ==> Administrative Template ==> System. lalu carilah dikotak sebelah kanannya Turn Off Autoplay.

3. Klik kanan pada Turn Off Autoplay pilih Properties.

4. Aktifkan option Enable.

5. Pilih : All drives pada pilihan turn off autoplay on.

6. klik OK.

Lakukan juga hal terseut diatas pada User Configuration

Setelah itu restart komputer anda dan coba masukkan flashdiks atau CD, maka tidak akan tampil lagi sebuah jendela autorun yang biasanya tampil. Seperti gambar ini :

ga percaya ? Silahkan dicoba. :D

Template by : kendhin ariyfriends.blogspot.com