Pineview, Atom yang Kian Hemat Energi

Arsitektur platform Intel Pine Trail
VIVAnews - Intel menghadirkan tiga prosesor Atom terbaru untuk segmen netbook dan nettop. Memiliki kode nama Pineview, prosesor tersebut menggantikan teknologi Atom sebelumnya yakni Diamondville.
Prosesor Pineview juga hadir untuk melengkapi platform Pinetrail yang datang menggantikan kombinasi Atom N270 atau N280 dan chipset 945G yang umumnya tersedia pada netbook saat ini.
Dari sisi desain, Atom terbaru ini telah disesuaikan untuk perangkat kecil dan memiliki konsumsi listrik yang rendah, dan masih merupakan chip Intel terkecil, yang dirakit dengan menggunakan proses produksi 45nm high-k metal gate.
Seluruh bagian platform, termasuk dengan chipset, dikemas dalam ukuran yang lebih kecil oleh karena proses integrasi dan sistem produksi 45nm, yang lebih kecil, dengan desain sistem yang lebih padat, sehingga para OEM dapat mengurangi biaya dan menghasilkan kinerja yang lebih baik.
“Salah satu fitur yang paling penting dalam platform terbaru ini adalah pengendali memori dan grafis yang terintegrasi dalam CPU,” kata Moody Eden, wakil presiden dan general manager PC Client Group Intel, pada keterangannya, 21 Desember 2009.
“Ini merupakan pertama kalinya di industri untuk chp x-86. Artinya, hanya terdapat dua chip (CPU+chipset) tidak lagi tiga chip (CPU, chipset, I/O controller hub) seperti sebelumnya,” kata Eden. “Solusi ini memiliki TDP lebih rendah, hemat energi, biaya dan ramah lingkungan,” ucapnya.
Eden mengklaim, platform netbook berbasis Pine Trail rata-rata memiliki konsumsi energi dan ukuran 20 persen lebih kecil dibandingkan dengan platform Atom sebelumnya.
“Selain desain sistem yang lebih ringkas dan kecil, platform ini juga memiliki baterai yang lebih tahan lama,” kata Eden. “Sistem yang terintegrasi membuat jejak emisi platform netbook tersebut berkurang sebanyak 70 persen dan memiliki TDP 50 persen lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya,” ucapnya.

Template by : kendhin ariyfriends.blogspot.com