JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar game online menjadi garapan bisnis baru
PT Telkom dengan meluncurkan konten Speedy Games. Tidak
tanggung-tanggung, sebanyak 130 jenis game digelontorkan sekaligus.
"Kami
berharap pengakses Speedy Games pada tahun 2010 bisa mencapai 20.000
pelanggan, dari saat ini baru sekitar kurang dari 100 pelanggan," kata
Direktur Konsumer Telkom, Nyoman G Wiryanata, di sela peluncuran Speedy
Games di Jakarta, Sabtu (19/12/2009). Layanan ini dapat diakses melalui
situs http://game.telkomspeedy.com.
Ia menuturkan, konten
Speedy Games yang saat ini diperkenalkan merupakan hasil kerjasama
dengan Valve, perusahaan game developer asal Washington, AS. Untuk
menjamin infrastruktur jaringan, Telkom menyediakan 10 server dengan
kapasitas storage mencapai total 5 terra byte.
Untuk
memperluas konten SpeedyGames, Telkom menggelar Speedy Games
Championship di tujuh kota, seperti Jakarta (Desember), Bandung
(Januari 2010), Balikpapan (Februari), Surabaya (Maret), Jogjakarta
(April), Medan (Mei), Makassar (Juni). Kejuaraan pertama di Jakarta,
mempertandingkan game Counter Strike sebanyak 32 tim, dan Left4Dead 9
tim. Pemenang kompetisi di setiap kota akan mewakili mengikuti grand
final pada Juli di Jakarta.
Sementara itu, Head of Digital
Business Telkom Widi Nugroho menambahkan, dengan penggelaran Speedy
Games tersebut diharapkan juga dapat memacu pertumbuhan konten games
hasil ciptaan Indonesia.
"Indonesia terkenal dengan
kreativitasnya terutama untuk game. Banyak pengembang games (games
developer) hasil ciptaan orang Indonesia justru digunakan di luar
negeri," ujar Widi. Saat ini jumlah pelanggan Speedy mencapai 1,1 juta
yang terbesar di seluruh Indonesia, di mana 420.000 di antaranya berada
di Jabodetabek.
"Kami memperkirakan bisa naik dua kali lipat menjadi sekitar 2,2 juta pelanggan pada tahun 2010,"
A Quick Guide to 7 Key Email Marketing Metrics to Watch
1 tahun yang lalu